Jumat, 14 Oktober 2011

Wanita Ini Perjuangkan Batik Dalam Negeri


SUKSES pasti menjadi milik mereka yang bekerja keras, pantang menyerah dan selalu berani mencoba hal-hal baru dalam hidupnya. Hal ini jugalah yang terjadi dengan pemilik batik Tobal, Fatchiyah A Kadir.
 
Setelah pernah sukses menaklukkan pasaran Eropa dan Amerika Serikat (AS) dengan kain batik Pekalongannya, kini dia justru sedang berjuang menaklukkan pasar domestik.
 
Fat, demikian perempuan matang berkepala enam asal Pekalongan ini biasa disapa kerabatnya, memulai usaha batik pada 1971. Kala itu, jiwa wirausaha telah mengalir dalam keluarganya, Fat nampaknya mewarisi bakat yang diturunkan ayahnya yang kala itu berjualan kain tenun.
 
"Pada dasarnya kan orang-orang di daerah pesisir itu pintar berdagang, jadi mungkin saya ada bakat juga berdagang,” tutur Fat kepada okezone beberapa waktu lalu.
 
Sadar akan bakatnya, ibu tiga anak ini mencoba peruntungannya dengan membuat batik bersama suaminya. Saat itu, Fat tidak mempunyai modal yang tidak mempunyai modal sama sekali nekat untuk menjahitkan batiknya. ”Istilahnya, saya dan suami cuma punya dengkul saja,” kenang dia.
 
Namun, karena hasilnya yang memuaskan, kepercayaan dari beberapa pihak seperti pengrajin batik dan pembeli semakin meningkat.
 
“Kami malah diberikan uang pangkal (down payment) dulu 50 persen. Dulu, pembayaran di muka itu  sesuatu hal yang sangat langka sekali dulu,” jelas Fat.
 
Saat itu, kata Fat, di Pekalongan pengembangan batik memang dikerjakan terpisah-pisah antara kain batik dengan penjahit batik. Sukses di daerahnya, Fat menargetkan pasar ekspansi pasar yang lebih tinggi.
 
Tak tanggung-tanggung, Fat membidik pasar internasional sebagai pangsa pasarnya. “Karena kebetulan saat itu, pasar dalam negeri memang sedang tidak kondusif,” tambahnya.
 
Alasan dia kala itu cukup logis. “Saat itu, sedang marak-maraknya trend batik printing yang dipelopori batik keris, jadi batik tulis saat itu bahkan terancam punah, jadi 1971 itu saya langsung ekspor saja,” kata Fat.
 
Dengan pola pengembangan batik jahit borongan atau yang sering disebut maklon, bahkan pada 1993 lalu, dirinya mendapat penghargaan upakarti dari Presiden Soeharto. Sistem maklon sendiri menurutnya adalah sistem pengembangan batik khususnya di daerah Selatan dengan mengubah pengrajin-pengrajin batik dalam kelompok-kelompok.
 
Fat masih mengingat, pasar Australia adalah pasar yang pertama yang berhasil ia taklukkan. Padahal, dia sama sekali tidak mempunyai akses ke luar negeri, lalu bagaimana caranya? Fat yang memiliki  jiwa wirausaha tak kekurangan asal.
 
Fat bukan menjajakan lewat promosi di media massa ataupun selebaran. Fat memilih membangun toko batik di kawasan yang sering disambangi oleh wisatawan asing.
 
Saat itu, Fat memilih pulau dewata, Bali, untuk menjadi mediasi pasar ekspornya. Terbukti, batiknya berhasil menembus Spanyol, Italia dan juga Amerika Serikat. “Mula-mula pesanan batiknya hanya sekira 10 ribu potong per dua bulan, jumlahnya terus naik sampai 400 ribu potong per tahun,” tambah dia.
 
Fat terus memperluas produksi batiknya, setelah Bali, Fat kembali membuka sebuah showroom di sekitar Pasar kembang, Yogyakarta. Hal ini dilakukannya untuk mempermudah akses terhadap orang-orang dari kawasan eropa dan Amerika yang lebih kerap berkunjung ke Yogyakarta ketimbang Pekalongan.
 
Pembukaan showroom batik di Yogyakarta pastinya menimbulkan pertanyaan di benak kita, pasalnya, Yogyakarta bukannya sepi akan produk batik ini. Meski begitu, Fat yakin batik buatannya memiliki ciri khas tersendiri yang disukai para turis.
 
“Batik Pekalongan itu memang berbeda dengan motif batik Yogyakarta dan Solo yang menggunakan pakem warna-warna cokelat dan hitam, kalau batik Pekalongan berani dengan warna-warna cerah,” jelas Fat. Untuk pangsa ekspor, dia menambahkan desain yang sifatnya semi kontemporer.
 
"Jadi saya masukkan juga motif-motif etnis Indian, Aborigin atau  Hawai. Mereka itu (pasar ekspor) juga lebih suka batik cap dan batik tulis kagok (batik tulis yang tidak terlalu halus),” tambah dia.
 
Kesuksesan batik Tobal, menurut Fat, juga didukung dengan kreatifitasnya dalam memadukan dan merancang warna dan kain batik rancangannya. Adapun cara yang digunakan untuk memenuhi pesanan batik, adalah dengan jahit borongan (sistem maklon).
 
Waktu itu, lanjut Fat, sistem maklon biasa dilakukan di desa-desa di daerah Selatan. Untuk sistem maklon ini, satu sistim mempekerjakan minimal 10 pengrajin. ”Waktu itu saya punya sekira 40 maklon,” jelas dia.
 
Banting Setir
 
Namun, bukan usaha jika belum pernah terhempas badai. Lebih dari 30 tahun sukses mengekspor batik produksinya, badai itu datang pada 2007 lalu. Ditengarai karena krisis moneter yang terjadi di Indonesia, ditambah dengan kondisi keamanan yang tidak kondusif, membuat pelanggan-pelanggannya berhenti mengorder batik Tobal produksinya.
 
Tepat pada kuartal III-2007 Fat terpaksa melakukan Pemberhentian Hubungan Kerja (PHK), pada sejumlah karyawannya. “Saya harus PHK banyak karyawan saya, dari 500-an karyawan harus saya pangkas menjadi 120-an karyawan saja. Sedih sekali rasanya saat itu, karena banyak dari mereka yang sudah bekerja ke saya lebih dari 20 tahun,” kenang Fat.
 
Berhenti mendapat permintaan ekspor batik ke mancanegara, tidak lantas membuatnya berputus asa dan berpangku tangan. Brand Tobal miliknya pun merubah haluan dengan membidik pasaran dalam negeri sejak 2007.
 
Masuk pasar nasional, batik olahan Fat menjadi pemain baru. Dengan produksi hanya sekira 50-75 ribu potong per tahun, Fat terpaksa menjual batiknya secara retail. “Jadi satu pengusaha bisa lakukan hanya dalam satu showroom,” jelasnya.
 
Saat ini, Fat telah mempunyai showroom di Jakarta, Semarang dan juga Surabaya. Sukses Fat jadi pengekspor, dilakoninya pula di dalam negeri. Karena dedikasi dan kesetiannya pada pengembangan batik nasional, di perayaan hari batik nasional yang jatuh pada 3 Oktober lalu di Pekalongan, dirinya mendapat undangan resmi dari Ibu Negara Ani Bambang Yudhoyono untuk berdiskusi mengenai pengembangan batik.
 
Setelah pada 2009 lalu UNESCO meresmikan batik sebagai warisan budaya adalah The Untangible Heritage, Fat berharap perkembangan batik di Indonesia akan terus dapat berkembang dan diterima di masyarakat.
 
“Karena batik kita berbeda dengan produksi batik di negara manapun, batik kita punya ruh,” kata Fat mengakhiri kisahnya. (mrt) (rhs)ES

6 komentar:

  1. Batik adalah budaya asli Indonesia yang wajib kita lestarikan :)


    Studi Kelayakan Bisnis
    Konsultasi Perpajakan

    BalasHapus
  2. Nama saya Dewi Rumapea, saya dari Indonesia, saya dengan cepat ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan seluruh Indonesia yang mencari pinjaman di internet sangat berhati-hati untuk tidak jatuh di tangan scammers dan fraudstars, ada banyak kredit palsu lender di sini di internet dan beberapa dari mereka adalah asli, saya pernah tertipu dan ditipu di sini online sebelum seorang teman yang mendapat pinjaman baru menghubungkan saya dengan seorang wanita bernama Mrs Glory yang merupakan CEO dari Glory Badan Kredit. Jadi saya diterapkan untuk jumlah pinjaman 500 jt dengan tingkat bunga rendah dari 2%, tidak ada jaminan, karena saya mengatakan kepadanya apa yang saya ingin menggunakan uang itu untuk membangun bisnis dan pinjaman saya disetujui dengan mudah tanpa stres dan semua persiapan yang dilakukan pada transfer kredit dan dalam waktu kurang dari 24 jam setelah pendaftaran pinjaman, itu mimpi datang melalui, jumlah pinjaman saya 500 juta dikreditkan di rekening bank saya hanya dalam selang waktu dua jam. Jadi saya ingin saran mereka sedang mencari untuk pinjaman di sini secara online harus berlaku untuk perusahaan asli, cepat hubungi sekarang email: di gloryloanfirm@mail.com. dia tidak tahu bahwa aku melakukan ini. Saya berdoa agar Tuhan memberkati dia untuk hal-hal baik yang telah dilakukan dalam hidup saya. Anda juga dapat menghubungi saya di dewiputeri9@gmail.com untuk info lebih lanjut.

    BalasHapus
  3. Aku Widya Okta, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman reliabl yang SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapat pinjaman saya Rp900,000,000 dari SANDRAOVIALOANFIRM sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui SANDRAOVIALOANFIRM dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak SANDRAOVIALOANFIRM. menghubungi mereka melalui email:. (Sandraovialoanfirm@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (widyaokta750@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

    BalasHapus
  4. Baik berita untuk Anda semua yang Anda butuhkan pinjaman cepat untuk melunasi utang Anda, atau Anda membutuhkan pinjaman untuk meningkatkan bisnis Anda? Apakah Anda pernah ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Apakah Anda membutuhkan pinjaman konsolidasi atau hipotek? Cari tidak lebih karena kami berada di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda sesuatu dari masa lalu. Kami memberikan pinjaman kepada individu yang membutuhkan bantuan keuangan, yang memiliki kredit buruk atau membutuhkan uang untuk membayar tagihan, untuk berinvestasi dalam bisnis pada tingkat 2%. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu Anda bahwa kami memberikan bantuan yang sangat handal, Jadi hubungi kami hari ini via e-mail di: Hollingsozloanfirm@gmail.com

    BalasHapus
  5. Ini luar biasa saat saya mengira semua telah selesai dengan saya Ibu Iskandar datang untuk menyelamatkan saya. Saya sangat berhutang sejauh orang-orang yang saya pinjam uang dari geng melawan saya dan kemudian membuat saya ditangkap sebagai akibat dari hutang saya. ditahan selama berbulan-bulan maka masa rahmat diberikan kepada saya saat saya dipulangkan dan dibebaskan untuk pergi dan mencari uang untuk membayar semua hutang yang saya terima sehingga saya diberitahu bahwa ada beberapa kreditur sah online sehingga saya harus mencari Karena melalui blog saya berualang kali tertipu tapi ketika saya menemukan Ibu Iskandar CEO ISKANDAR LESTARI LOAN FIRM, Tuhan mengarahkAan saya ke iklannya melalui blog karena daya tarik saya terhadapnya adalah benar-benar mukjizat mungkin karena Tuhan telah melihat bahwa saya memiliki banyak menderita karena itulah dia mengarahkan saya kepadanya. Jadi saya menerapkannya dengan antusias setelah beberapa jam pinjaman saya disetujui oleh Dewan dan dalam dua hari saya dikreditkan dengana jumlah pasti yang saya berikaan untuk semua ini tanpa jaminan tambahan Kredit Tanpa Agunan (KTA) sama seperti saya berbicara dengan Anda sekarang saya telah dapat menghapus semua hutang saya dan sekarang saya memiliki supermarket sendiri, saya tidak memerlukan bantuan orang lain sebelum saya memberi makan atau mengambil keuangan apa pun keputusan saya tidak punya urusan dengan Polisi lagi saya sekarang adalah wanita merdeka. Anda ingin mengalami kemandirian finansial seperti saya silahkan hubungi Ibu melalui BBM-nya: {D8980E0B} atau melalui email perusahaan: (iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com) Anda tidak dapat memperdebatkan fakta bahwa di dunia kesulitan ini Anda memerlukan seseorang untuk membantu Anda mengatasi gejolak keuangan dalam hidup Anda dengan satu atau lain cara, jadi saya memberi Anda mandat untuk mencoba dan menghubungi Ibu Iskandar di alamat di atas sehingga bisa mengatasi kemerosotan keuangan dalam hidup Anda. Anda bisa menghubungi saya melalui email berikut: (anggaannisa1979@gmail.com)) selalu bersikap positif dengan Ibu Iskandar dia akan melihat Anda melalui semua tantangan finansial Anda dan kemudian memberi Anda sebuah tampilan baru finansial.

    Detail Kontak Penuh:

    Perusahaan: ISKANDAR LESTARI LOAN FIRM (ISKANDAR LENDERS)
    Email: {iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com}
    BBM INVITES: {D8980E0B}
                           : {4424AA}
    Alamat Facebook: {www.facebook.com/iskandar.lesteri.7}
    Website: {iskandarlestari.wordpress.com}

               TESTIMONI OLEH
    Penerima Manfaat: Angga Annisa
       Email: {anggaannisa1979@gmail.com}

    BalasHapus
  6. Halo, saya Ny. Sandra Ovia, pemberi pinjaman pribadi uang, apakah Anda berutang? Anda membutuhkan dorongan keuangan? pinjaman untuk membangun bisnis baru, untuk memenuhi tagihan Anda, memperluas bisnis Anda di tahun ini, renovasi rumah Anda dan kami juga memberikan pinjaman BITCOIN dengan suku bunga sangat rendah 2%. Anda dapat menghubungi kami melalui Email: (sandraovialoanfirm@gmail.com)
    Anda dipersilakan ke perusahaan pinjaman kami dan kami akan memberikan yang terbaik dari layanan kami.

    BalasHapus